Pages

Tuesday, April 6, 2010

WHY Marketing on Internet


Sering kali kita melihat promo-promo seperti itu dijalanan, atau ditempat-tempat yang penuh dengan keramaian. Atau bahkan juga dalam dunia internet, dan ada penawaran yang membuat kita berhenti, ada juga penawaran yang membuat kita berlalu tanpa memperdulikannya.
Begitu banyak orang saat ini membuat berbagai macam penawaran dan promo secara online maupun offline, mereka melakukan segala cara untuk menarik prospek lebih lama di toko mereka, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli, salah satunya adalah dengan menggunakan promo-promo , seperti diskon , hadiah, cashback dan macam-macam hal lainnya juga.
Tetapi terkadang cara yang mereka lakukan dalam menuliskan promo, ada yang salah. Salah disini bukanlah seperti hitam dan putih, tapi maksud salah disini adalah, bahwa penawaran mereka kurang menggreget, kurang alasan untuk orang lain membeli hari ini juga. Jika penawaran Anda begitu inspiratifnya , hingga membuat orang lain shock, the lowest price ever dalam sejarah toko Anda. Memang pasti ada yang membeli, tapi apakah golongan orang yang "duit pas-pasan " atau "duit kurang " , atau golongan "pemikir panjang " , atau golongan "liat-liat toko lain dulu " dan golongan-golongan lainnya akan langsung membeli saat itu juga ?

Dengan memberikan mereka alasan WHY they must buy NOW , akan membuat campaign Anda jauh lebih powerful lagi, terlebih di dunia online, dimana pergi ke toko lain hanya semudah membuka newtab dan mengetikkan namatoko.com , dan pergilah mereka langsung dari toko Anda , baik menjual produk digital ataupun produk fisik.
Prinsip WHY Marketing ini bukan untuk sebagai ilmu premier, tapi sebagai ilmu yang perlu anda pelajari untuk menarik orang-orang yang masih di batas ragu-ragu untuk membeli sekarang, seperti yang saya jelaskan jenis-jenis golongan diatas. Perlu dilakukan sesuatu untuk membuat dari yang ragu-ragu menjadi akhirnya membeli untuk Anda. Saya mungkin akan sedikit OOT di paragraf ini, terkadang ada yang merasa tidak enak dalam mengajak orang yang ragu-ragu menjadi membeli saat ini juga, mereka berkata "tidak baik memaksa" "kasian ga ada duit" "uang saya udah cukup koq dari yang beli", dan segala macam alasan lainnya. Coba Anda  tanamkan mindset berjualan ini kedalam pikiran Anda, bukan hanya dilakukan untuk prinsip marketing ini saja, tapi juga dalam setiap penjualan apapun yang Anda lakukan.
Jika Anda yakin 100% terhadap apa yang Anda jual , dan yakin jika mereka membeli/melakukan/menggunakan apa yang anda jual, akan merubah hidup mereka menjadi jauh lebih baik. Maka terkadang Anda harus memaksa , karena saat nilai tambah itu disebarkan ke lebih banyak orang, akan lebih banyak orang yang berterimakasih kepada Anda karena mereka sudah berubah akan produk atau jasa yang Anda jual. Anda harus membantu orang-orang yang tipe ragu-ragu ini menembus limit mereka, menjadi lebih baik. Karena mereka adalah tipe orang yang maju-mundur, bagaimana bisa sukses dalam kehidupan jika sulit menentukan action, adalah tugas Anda untuk membantu mereka menemukan nilai tambah yang sesungguhnya , yakni didalam produk Anda. Dan tentunya reward untuk Anda, selain ucapan terimakasih juga profit yang jauh lebih besar lagi , karena Anda tau caranya membuat mereka bertindak saat ini juga.
Mari kita telaah, bagaimana konsep sederhana WHY Marketing bisa dipraktekkan dalam bisnis online Anda. Sebelumnya mari kita lihat penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog asalh Harvard, bahwa ternyata manusia lebih mudah meminta orang lain melakukan hal tertentu ketika kita memberikan alasan, apapun alasan tersebut. Sebagai contoh ketika disebuah antrian perbelanjaan, cobalah berkata "maaf, saya punya barang sedikit, boleh saya mendahului Anda" , hasilnya jika tanpa alasan maka kurang lebih 60% orang mengijinkan. Kemudian jika hal tersebut diulang kembali menjadi "maaf, saya punya barang sedikit, boleh saya mendahului Anda karena suami saya sudah menunggu lama diluar". Dengan ditambaha kata "karena" ini efektivitas permintaan naik menjadi 94% yang mengijinkan. Bahkan dengan alasan yang tidak masuk akal pun, 93% mengijinkan Anda mendahuluinya.
Lalu apa yang Anda dapatkan dari cerita diatas ? Jika Anda dimasa yang akan datang , cobalah jika ingin memberikan diskon, cashback, atau hadiah pergunakan prinsip ini. Karena dalam psikologi manusia jika menyangkut karena , terlebih sebuah event maka yang akan terulang dalam jangka waktu lama. Misalkan promo diskon 29% menyambut tanggal 29 februari 2008, maka orang akan berpikir 4x untuk melewatkan event 4 tahunan sekali tersebut. Dan orang-orang yang ragu-ragu tersebut akan bertindak dan mencoba mencari cara untuk bisa mendapatkan produk Anda dalam harga yang sangat jarang tersebut. Karena menyangkut sesuatu yang akan sangat menyakitkan jika mereka melewatkan dan tidak membeli saat itu juga.
Kaitkan dengan even apapun juga dalam penawaran Anda, bonus cashback dalam rangka kelahiran anak pertama Anda (anak kedua mungkin masih lama lagi) , atau karena anda pindahan rumah (mngkin perlu menunggu tahunan lagi untuk terjadinya diskon ini), karena istri saya sedang keluar negeri sehingga dia tidak tau akan promo ini (tidak terdeteksi kapan lagi istri anda akan keluar negeri) , karena anda pelanggan ke 91-100 , atau karena apapun juga, bahkan karena anjing tetangga baru melahirkan juga boleh. Yang terpenting ada alasan mengapa Anda memberikan harga yang berbeda. Jika dibandingkan tanpa angin, tanpa hujan badai kilat petir dan cahaya, tiba2 Anda memberikan diskon atau cashback. Maka akan terkesan Anda sedang menuju "bangkrut" , tidak laku atau persepsi negatif lainnya. Karena harga yang tiba-tiba turun tersebut. Dan juga jika tanpa menggunakan kata "karena" , saat Anda mencoba harga berbeda, atau memberikan bonus tambahan, maka akan membuat rasa tidak puas customer lama Anda, yang berujung pada adanya ketidaksenangan terhadap Anda.
Prinsip lainnya dalam WHY Marketing ini adalah , pergunakan sesuatu yang sulit ditebak, jangan sesuatu yang mudah, seperti dalam rangka menyambut liburan akhir tahun, dalam rangka menyambut paskah, atau menyambut 17 agustus hari kemerdekaan. Manusia pintar, dia pasti mengetahui bahwa tahun depan akan di adakan even ini lagi, dan masih bisa mereka untuk menahan rasa ingin beli tersebut, (beda halnya dengan 29 februari sampai 4 tahun, dan contoh-contoh lainnya diatas).
Semoga ilmu WHY Marketing untuk bisnis internet ini bisa bermanfaat bagi Anda semua , ingat praktekkan karena tidak ada yang akan berubah dalam income statement Anda jika hanya membaca tanpa praktek.. Setelah pengunjung banyak yang membeli produk dari Anda , hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bagaimana membuat mereka feel sensational experience didalam usaha bisnis online Anda , lalu saatnya menggunakan cara Internet Profit Exposed untuk meningkatkan keuntungan Anda.
Untuk langkah selanjutnya akan saya bahas di minggu depan dan minggu depannya lagi. So, stay tuned. Tetap dibuka untuk pendaftaran Seminar Sales and Marketing Revolution oleh Mentor, Guru dan Sahabat Saya,  Tung Desem Waringin di Jakarta 15 Mei 2010. Tersedia special price untuk 10 pembeli pertama dan diundi 1 tiket seminar VIP gratis senilai Rp. 1.700.000,- untuk Anda yang mengirimkan email kesupport [at] koharonline.com dengan format judul nama - no hp , dan dengan isi bahwa mengapa Anda membutuhkan seminar ini untuk bisnis offline/online Anda. Tiket seminar gratis ini saya persembahkan khusus untuk Anda para pembaca Kohar Online.
Salam Online,
Peter Kohar











          

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...