Pages

Thursday, April 29, 2010

Jangan Lupa Download Ubuntu 10.04

Mulai Hari Ini (29/4) Ubuntu 10.04 alias Lucid Lynx resmi diluncurkan. Versi anyar dari distribusi Linux buatan Canonical Inc., ini dikatakan memiliki banyak perbaikan di segala lini. Nah, sebelum mengunduhnya, simak dulu artikel singkat ini.

Tidak jauh berbeda dari Karmic, Lucid juga menyediakan 3 jenis instalasi, yaitu Desktop, Server dan Notebook (netbook). Semuanya datang dengan kemampuan dan fasilitas yang tentu berbeda-beda.

Versi instalasi Ubuntu Desktop yang baru dikatakan bisa “berlari” lebih kencang dari sebelumnya. Canonical menjanjikan waktu booting sistem operasi yang lebih cepat, hanya sekitar 10 detik sampai Lucid Lynx siap dipakai. Versi anyar ini juga lebih bersahabat dengan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Pasalnya, sudah disediakan menu khusus di panel utama untuk melakukan akses cepat terhadap situs-situs tadi.

Di versi server, Lucid Lynx memperbaiki integrasinya dengan feature Ubuntu Enterprise Cloud (UEC). Stabilitas ditingkatkan khusus untuk server yang akan menggunakan UEC, baik cloud dengan jaringan Amazon atau puncloud yang dengan jaringan mandiri. Eucalyptus pendukung cloud juga ditingkatkan ke versi 1.6.2

Terakhir adalah Ubuntu Notebook. Versi yang khusus dibuat untuk bekerja pada prosesor Intel Atom itu kini ditambahi antarmuka khusus, Fungsinya, memungkinkan pengguna terkoneksi ke jaringan internet dan menggunakan aplikasi favorit mereka.  Kecepatan booting di versi netbook ini dikatakan sama dengan versi Desktop Lucid Lynx.

Bagaimana, masih penasaran? Jika memang demikian, jangan lupa untuk mengunduhnya besok di www.ubuntu.com. Selamat mencoba! (Brama Setyadi)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...