Pages

Wednesday, April 21, 2010

Tahukah Anda : Perempuan di Komunitas Online


Saat ini, siapakah yang paling suka ngerumpi di internet dalam komunitas online, laki-laki atau perempuan? Temuan terbaru menunjukkan perubahan yang sangat drastis dalam hal sikap laki-laki dan perempuan terhadap pentingnya komunitas internet (online).

Pada tahun 2005, sebanyak 77% laki-laki yang berusia di bawah 40 tahun menganggap bahwa komunitas online sebagai hal yang sangat penting diikuti.

Dua tahun kemudian (2007), kecenderungan laki-laki memanfaatkan komunitas online makin menurun. Hanya 69% kaum pria yang berangapan bahwa komunitas online sama pentingnya dengan komunitas offline. Sedangkan perempuan, cuma 35% yang beranggapan sama.

Tahun ini, hanya 39% laki-laki di bawah usia 40 tahun yang menganggap komunitas internet sangat penting. Dan yang beranggapan komunitas internet sama pentingnya dengan komunitas offline cuma 38%.

Nah, kaum perempuan justru melonjak persentasenya! Menurut hasil penelitian University of Southern California yang baru-baru ini dipublikasikan, 67% perempuan berusia di bawah 40 tahun menganggap komunitas internet sepenting komunitas offline.
Apa alasannya? Menurut Michael Gilbert, senior fellow dari Annenberg Center University of Southern California, hal itu terjadi karena kaum perempuan lebih lambat menyerap teknologi baru. Namun begitu mereka bisa menggunakannya,mereka akan memanfaatkannya dengan lebih antusias dibanding laki-laki.

Selain itu, kata Gilbert, umumnya perempuan punya tujuan sosial tertentu untuk memanfaatkan komunitasonline itu dibanding sekadar mencari informasi. Sedangkan para pria biasanya hanya ingin mendapatkan aneka informasi; misalnya informasimengenai hobinya. Karena itu lak-laki cenderung melepaskan diri dari social networking saat ini.

Sekadar tahu, yang dimaksud komunitas online dalam survei itu tak hanya social networking seperti Facebook, Twitter, dan MySpace, tetapi termasuk juga komunitas yang mendiskusikan hobi, politik, spiritual, dan sebagainya.

Nah, bagaimana dengan Anda? Punya tanggapan atau pendapat tersendiri?

Penulis : Team Andriewongso.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...